Buruknya Cahaya Lampu Pada Saat Tidur Bagi Kesehatan

Cahaya buatan yang dihasilkan dari lampu, layar komputer bahkan smartphone telah mengubah bagaimana manusia lebih lama terjaga di malam hari. Karena hal ini, semakin banyak aktivitas yang dilakukan manusia di malam hari.

Kekhawatiran pun semakin berkembang karena paparan cahaya buatan yang terus-menerus bisa mengganggu kesehatan juga ritme kerja tubuh. Cahaya buatan mempengaruhi produksi melatonin –hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di otak.

Melatonin sendiri salah satu fungsinya adalah memicu perasaan kantuk dan dilepaskan ketika hari gelap, dengan tingkat rasa kantuk memuncak sekitar pukul 02.00 dini hari.

Melatonin juga memiliki peran penting lainnya, termasuk menjaga tekanan darah dan kadar gula darah yang sehat.

Namun, karena cahaya buatan yang selalu bersinar di waktu tidur, hal ini, menekan produksi melatonin. Jadi, mungkin akan menunda tidur dan mempengaruhi jam tubuh.

Dan perlu diketahui, bahaya cahaya buatan di malam hari pada akhirnya menyebabkan seseorang menderita kurang tidur hingga berefek pada masalah kesehatan serius.

Berulang kali waktu tidur rusak karena cahaya buatan, hal ini pun ditemukan bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga 50 persen dan stroke sebesar 15 persen.

Posted By ADMIN www.tradisionalalami.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *