8 Makanan Ini Membantu Anda Tampak Awet Muda

 Menua adalah hal yang pasti, tak bisa dihindari. Meski begitu ada beberapa jenis makanan yang membantu Anda menua dengan cara perlahan, lebih menyenangkan, dan sehat.

Berikut delapan makanan yang akan membuat Anda tampak awet muda

1. Extra Virgin Olive Oil

EVOO adalah salah satu lemak paling sehat. Peneliti menunjukkan bahwa EVOO bisa mencegah penyakit yang terkait dengan proses menua.

EVOO menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah sindrom metabolik dan efektif memerangi kanker.

Minyak zaitun juga membantu kulit terlihat lebih muda. Penelitian laboratorium menunjukkan minyak zaitun memiliki efek anti-inflamasi pada kulit dan melindunginya dari efek sinar matahari.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tak stabil yang terbentuk dalam metabolisme dan merupakan respons dari stres. Antioksidan mengubah struktur radikal bebas sehingga mereka tak bisa menyebabkan kerusakan.

Green tea atau teh hijau kaya akan antioksidan seperti polifenol yang bisa mengatasi diabetes, resistensi insulin, inflamasi, dan penyakit jantung.

Polifenol juga membantu melindungi kolagen, protein utama untuk kulit. Dalam sebuah studi, wanita yang mengalami kerusakan kulit karena paparan sinar matahari yang ditangani dengan krim dan suplemen teh hijau selama delapan minggu mengalami peningkatan elastisitas kulit.

3. Ikan

Kandungan lemak dalam ikan adalah anti-penuaan alami. Lemak omega-3 pada ikan baik untuk mengatasi penyakit jantung, inflamasi, dan masalah pencernaan.

Salmon merupakan salah satu ikan yang bisa membuat kulit Anda tampak lebih muda.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam lebih ampuh dibandingkan acai berry, blueberry, dan cranberry. Menurut penelitian, cokelat bisa mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan fungsi dan elastisitas arteri.

Individu yang mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan flavanol tinggi menjadi lebih lambat terbakar kulitnya saat berada di bawah terik matahari.

5. Sayuran

Sayuran kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Sayuran juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko sakit jantung, katarak, dan kanker.

Banyak sayuran yang kaya akan vitamin C yang penting untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan kuat.

6. Buah delima (pomegranates)

Buah delima merupakan salah satu buah yang paling sehat. Kandungan antioksidan dalam delima lebih tinggi daripada teh hijau.

Delima mengurangi inflamasi, membantu mencegah kerusakan dari tingginya kadar gula darah dan membantu meningkatkan kesehatan pasien kanker kolon. Delima juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, memperbaiki kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Avokad

Avokad kayak akan lemak tak jenuh, serta, dan beberapa vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Avokad mengandung senyawa unik polyhydroxylated fatty alcohols yang bisa mengatasi inflamasi, melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

8. Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya karena tomat mengandung likopen.

Sebuah studi yang melibatkan wanita yang mengonsumsi campuran makanan yang kaya akan likopen dan makanan antioksidan lainnya mendapati kerut pada kulit mereka berkurang dalam 15 minggu sehingga tampak awet muda.

posted by Admin www.tradisionalalami.com