Jajanan Pasar Tradisional di Indonesia, 32 nama makanan yang umum

jajanan pasar tradisional

Jajanan pasar tradisional Indonesia bisa dengan mudah ditemui di pelbagai daerah. Tidak hanya di pasar tradisional, kalian pula bisa menemui banyak jajanan tersebut dijajakan pedagang keliling di pinggir jalan, sehingga mungkin bisa juga dengan mudah ditemui didekat rumah

Jenisnya juga cukup beragam, mulai dari yang rasanya asin, manis, sampai pedas. Jajanan pasar tradisional bisa jadi makanan ringan di kala santai. Tidak hanya rasanya yang lezat, wujudnya yang unik dan harga terjangkau membuat da ya tarik tersendiri bagi banyak orang, baik warga lokal maupun warga pendatang dari luar daerah.

Saking banyaknya jenis jajanan ini, mungkin Anda baru sedikit mengetahui apa saja nama aneka makanan yang  termasuk kedalam jajanan tradisional

Berikut 32 nama makanan yang termasuk Jajanan pasar tradisional yang umum dijumpai diantaranya :

1. Onde- Onde

Onde- onde dibuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng ataupun direbus serta permukaannya ditaburi/ dibalur dengan biji wijen. Onde- onde berasal dari Cina yang setelah itu menyebar ke Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Jajanan pasar dengan isian kacang hijau ini dilapisi dengan kulit tipis renyah berbahan bawah tepung terigu dengan balutan biji wijen. Kreasi onde- onde biasanya terbuat dengan format imut serta dipasarkan bersama pisang molen. Melainkan, dimensi wajar onde- onde biasanya sebesar bola pingpong. Rasa kudapan manis tradisional satu ini kenyal, gurih, dan manis karena di dalamnya terdapat campuran kacang hijau halus dan gula sebagai isian.

Wujud onde- onde sungguh-sungguh unik, adalah berbentuk bola- bola kecil yang dilapisi dengan biji wijen.

2. Kue Putu

Kue putu adalah jajanan pasar yang terbilang unik dalam proses pemasakannya. biasanya dimasak oleh pedagang menggunakan gerobak dengan suara agak mirip seperti peluit yang berbunyi terus menerus. kueh putu dibuat dari butiran agresif tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil serta diisi dengan gula merah.

3. Lemper

Lemper yaitu salah satu ragam jajanan pasar yang familiar nyaris di seluruh Indonesia. Lemper yaitu kemilan berbahan dasar beras ketan dicampur dengan isi ayam ataupun abon, yang dibalut dengan daun pisang dan dimasak dengan santan.

Di indonesia, jajanan pasar ini sangat populer sehingga tidak akan sulit mencarinya. Segera terbayang bebauan lemper yang dibalut dengan daun pisang. Meskipun imut, kemilan ketan beras dengan isi ayam maupun abon ini cukup mengeyangkan sehingga disukai oleh banyak orang. Biasanya sering dijumpai dalam paket katering nasi kotak

4. Carabikang

Carabikang cukup populer di Indonesia utamanya di daerah Jawa. Carabikang dibuat dari tepung beras dengan rasa manis serta mempunyai tekstur lembut serta berserat. Carabikang bisa ditemukan di pasar tradisional. Jajanan tradisional ini yakni kudapan manis manis khas Indonesia yang berbahan dasar tepung terigu. Rasanya sungguh-sungguh disukai banyak orang.

Bentuk kue carabikang berupa semacam bunga merekah dengan warna yang menawan. Carabikang mudah  dijumpai dipasaran.

5. Serabi

Jajanan pasar ini pula cukup tenar dengan kemilan tradisional yang lain. Jikalau kemilan lain hanya memiliki toping berasa manis maupun asin, serabi bisa dimakan dengan beragam topping yang banyak rasa.

Terdapat 2 ragam serabi, yaitu serabi manis yang menerapkan kinca (gula merah cair) serta serabi asin dengan ataupun tanpa taburan oncom yang sudah dibumbui di atasnya.

Macam serabi yang lain yang berasal dari Solo dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan serta dipanggang di atas arang mirip panekuk. Di Bandung, kudapan manis serabi dari bahan tepung beras serta santan ini lebih tenar diucap surabi.

6. Lumpia

Lumpia yaitu ragam jajanan pasar familiar yang berasal dari Semarang. Lumpia yaitu jajanan yang terdiri dari kulit serta isian. Gorengan satu ini lazimnya mempunyai isian rebung, serta mempunyai 2 varian yaitu lumpia berair serta lumpia kering.

Lumpia tenar sebagai jajanan tradisional dari Semarang. Gorengan satu ini adalah perpaduan masakan Indonesia dengan Tionghoa. Sama semacam risol dan pastel, lumpia terdiri dari kulit dan isian. Kulit lumpia lebih garing dari risol.

Lazimnya lumpia diisi dengan bahan utamanya rebung. Variasi ada dua yaitu lumpia berair dan lumpia goreng. Variasi lumpia selain berisi rebung ada juga yang berisi bihun.

7. Pastel

Nah, jajanan pasar tradisional yang gurih serta renyah ini sering kali menjadi menu makanan kesukaan banyak orang. Tak heran kalau banyak orang yang pula membikin kreasi menu pastel. Meskipun pastel yang amat tenar ialah pastel isi sayur- mayur, tak tak sering kali terdapat bonus topping telor, daging, maupun apalagi rawit pedas buat dirasakan bersama jajanan pasar yang lain.

Pastel memiliki rasa renyah dan gurih, sehingga banyak orang menyukainya. Secara, isi dari pastel bisa terbuat beragam- tipe. Terdapat yang isinya sayur- mayur, terdapat pula yang diisi dengan bonus telor maupun daging. Menyantapnya dengan cabe rawit demikian itu lebih sedap.

Bahan dasar pastel pula adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung. Tepung dijadikan jadi adonan padat yang ditipiskan sehabis itu diberikan isian dan disusun semacam kerang, dimasak dengan tata metode digoreng.  Isiannya dapat dari sayur- mayur semacam kentang, wortel dan taoge sekali-sekali pastel simpel berisi bihun.

Tipe-tipe pastel yaitu, berair, kering dan pastel tutup. Pastel yakni sebutan lazim buat kudapan manis tradisional Indonesia satu ini, namun di Makassar jajanan ini bernama jalangkote dengan kulit adonan lebih tipis dan dimakan saos pedas cair.

8. Klepon

Klepon dijadikan dari tepung beras ketan yang dibangun semacam bola- bola kecil serta diisi dengan gula merah kemudian direbus dalam air mendidih.

Klepon pula adalah kudapan manis manis yang banyak dijajakan di pasar dengan penampakan bercorak hijau dan memiliki kelapa parut. Agar melekat dengan parutan kelapa, Klepon yang sudah masak dan masih hangat bisa digelindingkan diparutan kelapa

Rasa dari klepon sendiri adalah kenyal, gurih dari kelapa dan manis dari isian gula merah yang lumer di mulut ketika dimakan

9. Kueh Apem

Apem yaitu macam jajanan pasar tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan telur, santan, gula serta tape dan sedikit garam.

Kueh apem dicetak dengan beragam wujud dan warna, dapat jadi mirip dengan bolu kukus, namun teksturnya berbeda karena bahan dasarnya diwujudkan dari tepung beras serta tape. Kueh apem memiliki rasa unik serta di kawasan tertentu disampaikan dengan gula merah cair yang lebih tenar diucap kinca.

Adonan apem kukus maupun bakar memilki rasa manis khas tape. Kueh apem diyakini dibawa Ki Ageng Gribig yang yaitu generasi Prabu Brawijaya. Kueh apem masuk dalam kekayaan kultur Jawa.

10. Kueh Cucur

Kueh cucur tercantum macam jajanan pasar yang banyak dijumpai di daerah jajanan pasar. Manis ini dijadikan dari adonan tepung beras serta gula aren yang digoreng.

Bentuk kueh cucur bundar pipih yaitu menggelembung ditengah dan melandai pipih semakin ke pinggir. Warnanya coklat dan teksturnya agak kenyal. Bahan utama kudapan manis cucur yakni tepung beras dan gula merah.

Di Indonesia, spesialnya Jakarta, santapan ini tercantum santapan adat maksudnya pada upacara- upacara adat kultur Betawi.

11. Bakwan

Bakwan yaitu gorengan yang dapat jadi bisa dijumpai di mana saja. Variasi jajanan pasar yang biasanya berupa mangkuk ini terdiri dari adonan tepung berisi sayur- mayur dengan rasa yang demikian itu lezat. Apa alagi sekiranya ditambahkan dengan cabai rawit maupun saus sambel.

12. Bolu kukus

Jajanan pasar tradisional yang termasuk juga kue basah yang banyak dijumpai selanjutnya yakni bolu kukus. kueh ini dijadikan dari adonan tepung terigu, gula, telor, susu, soda, serta perisa bonus semacam vanila maupun coklat. Bolu kukus memiliki tampilan mirip cupcake dengan kudapan manis yang merekah serta lembut kala masuk ke dalam mulut.

Bolu kukus tenar dengan wujud yang memikat merekah semacam bunga. Bolu kukus adalah kudapan manis Indonesia berbahan dasar tepung terigu. Tepung terigu dicampur dengan bahan lain semacam telor, mentega, gula, dan air soda yang membikin bolu jadi merekah disaat dikukus. Manis manis ini banyak dijumpai di pasar.

13. Dadar gulung

Dadar gulung yaitu kudapan manis berair yang terdiri dari kulit dadar tipis dijadikan dari tepung. Kulit ini sesudah itu diisi dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula jawa. Isi sesudah itu digulung bersama kulit. Kulit dadar gulung biasanya bercorak hijau karena diberikan perona daun suji.

Sahabat hendak menjadikan jajanan pasar ini dengan warna hijau yang jelas. Melainkan, terdapat pula dadar gulung yang ternyata putih alami dari kombinasi terigu serta telor. Dadar gulung hakekatnya yaitu jajanan kudapan manis berair semacam pancake dengan kulit tipis yang berisi kelapa parut manis dari kombinasi gula merah. Nah, susunan tipis kudapan manis ini digulung serta biasanya dikemas dengan susunan plastik sehingga dikenal dengan istilah dadar gulung.

Manis tradisional jajanan Indonesia yang tak jarang diucap dengan dadar gulung ini yakni kudapan manis manis berbahan dasar terigu. Terigu dijadikan jadi adonan dadar tipis bercorak hijau. Dadar sehabis itu diisi dengan kelapa parut yang telah tercampur gula merah sehabis itu dadar digulung.

14. Cente manis

Cente manis yaitu kudapan manis khas Betawi yang dijadikan dari hunkwe. Variasi jajanan pasar ini biasanya dibungkus dengan plastik maupun dicetak dengan cetakan berupa bunga. Manis cente manis pula biasanya ditambahkan kombinasi sagu mutiara yang berikan tampilan yang cantik.

15. Klapertaart

Klappertart yaitu kudapan manis khas Manado yang betul-betul tenar. Manis ini berbahan bawah kelapa, tepung terigu, susu, mentega serta telor. Klappertart tercantum ikon masakan di Sulawesi Utara. Klappertart ada dalam bentuk padat yang dipanggang maupun lembut menyamai custard.

16. Kueh ku

Kueh ku maupun pula dikenal selaku kudapan manis kura- kura merah tercantum jajanan yang betul-betul kerap kali dijumpai di pasaran. Manis ini berbentu bundar maupun oval dengan motif menyamai cangkang kura- kura. Manis ku dijadikan dari kulit ketan yang lengket serta lembut dengan isian manis di tengahnya. Isi kudapan manis ku biasanya kacang hijau maupun kacang tanah serta gula.

kudapan manis angku, ataupun kudapan manis tok yakni kudapan manis Indonesia yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang hijau halus. Manis satu ini ciri khasnya bercorak merah dengan wujud semacam rumah kura- kura, rasanya kenyal dan legit. Baca pula: Resep Manis Lumpur Kentang, Masak di Kompor Gunakan Snack Maker

17. Wingko

Wingko babat dijadikan dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut muda serta gula pasir. Wingko biasanya berupa bulat awam diperkenalkan dalam situasi hangat serta dipotong kecil- kecil. Wingko babat mempunyai tekstur yang kenyal serta halus. Kemilan ini mempunyai rasa manis yang legit. Wingko babat yang populer di Lamongan yakni Wingko Babat Loe Lan Ing.

18. Getuk

Variasi jajanan pasar getuk ini dijadikan dari bahan singkong rebus. Biasanya, getuk yang sangat terkenal ialah getuk lindri. Formatnya semacam mi yang dipadatkan serta dipotong kotak- kotak memanjang. Getuk lindri diberi tahu dengan parutan kelapa yang gurih serta sedikit gula pasir.

Jajanan tradisional dari bahan singkong rebus ini pula tak keok tenar dengan kudapan manis lumpur. Biasanya, getuk yang amat tenar ialah getuk lindri. Formatnya semacam mi yang dipadatkan serta dipotong kotak- kotak memanjang. Getuk lindri disampaikan dengan parutan kelapa yang gurih serta sedikit gula pasir.

19. Kudapan pancong

Kudapan pancong pula diketahui dengan nama bandros. Kudapan ini dijadikan dari kombinasi tepung beras, kelapa parut, daun suji serta santan. Kudapan ini lazimnya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Wujud kue ini mirip dengan kue pukis sebab memanglah dicetak pada cetakan yang seragam.

20. Kueh cubit

Kueh cubit dijadikan dari kombinasi susu serta tepung terigu. Kudapan ini sangat populer di Jakata serta sekitaranya. Dinamakan kue cubit sebab kala kue matang, kue ini diambil dengan kelengkapan pencapit yang hendak terlihat semacam dicubit.

21. Pukis

Kudapan pukis dijadikan dari adonan telor, gula pasir, tepung terigu, ragi serta santan. Adonan itu sesudah itu dituangkan ke dalam cetakan separuh bulan dan dipanggang di atas api. Pukis lazimnya diberi taburan cokelat, keju, sukade, ataupun selai.

22. Kudapan sus

Kudapan sus ialah kue berupa bulat dengan rongga berisi fla, custard, ataupun daging. Kudapan sus berisi vla ataupun custard diberi keju sehabis didinginkan di lemari pendingin, sebab vla ataupun custard yang berbahan baku susu gampang jadi basi. Kudapan ini banyak dihidangkan bersama jajanan pasar yang lain.

Nah, kudapan manis sus ini hakekatnya berasal dari nama choux, yaitu kemilan kudapan manis Perancis. Isian kudapan manis sus biasanya yaitu adonan vla berbau vanila. Dikala ini, sahabat pula sudah bisa menjadikan kudapan manis sus dengan beragam isian modern semacam coklat, matcha, kopi, serta sebagainya. Terdapat pula kudapan manis sus yang isiannya diwujudkan dari whipped cream dengan susunan luar kulit tipis serta renyah.

Manis sus yakni kudapan manis perancis bernama choux. Tapi, kala dipasarkan di pasar isi kudapan manis sus dijadikan jadi murah. Manis ini gampang dijumpai di beragam pasar dan nampah kudapan manis.

23. Lapis legit

Lapis legit ataupun spekuk ialah salah satu ragam kue berair tradisional dari Indonesia. Kudapan ini awal kali dibesarkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang bersemangat dari kue lapis Eropa. Kudapan ini memiliki rasa kaya rempah sebab dijadikan dari kombinasi kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, serta adas manis.

24. Nagasari

Nagasari dijadikan dari tepung beras, tepung sagu, santan, serta gula yang diisi pisang. Pisang yang lazim diaplikasikan selaku isi ialah pisang ragam pisang raja. Kudapan ini lazimnya dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus.

Kemilan kudapan manis berair ini diwujudkan dari bahan bawah tepung beras, tepung sagu, serta santan yang dikasih isian pisang. Campuran rasa gurih serta manis dari pisang membikin nagasari jadi jajanan pasar kesukaan keluarga. Nagasari dibungkus dengan daun pisang sehingga sahabat hendaknya bertanya dulu dikala sebelum membeli kalau berharap mencobanya, ya.

Nagasari ataupun nogosari dalam bahasa Jawa terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, santan dan gula. Campuran hal yang demikian dijadikan jadi adonan kental yang lengket dan diberikan isian pisang. Nagasari sehabis itu dikukus di dalam bungkusan daun pisang sekali-sekali pula mengenakan daun pandan buat hasil yang lebih wangi. Tak hanya dipasarkan di pasar, nagasari tak jarang diperkenalkan dalam upacara keadatan.

25. Kueh lumpur

Kudapan lumpur dijadikan dari santan, kentang, tepung terigu, serta telor. Selaku pewangi diaplikasikan vanila serta sering kali diberi hiasan kismis serta kelapa muda iris di permukaannya. Kudapan lumpur bersemangat dari kue khas Portugis yang diucap pasteis de nata.

Hening, nama kudapan manis ini tak hendak menonjol semacam lumpur, kok. Tak semacam namanya, kudapan manis lumpur memiliki tekstur lembut serta berbau harum. Biasanya, adonan kudapan manis ini ditambahkan adonan kentang sehingga lebih terasa legit serta lezat. Di atasnya sering kali ditambahkan kismis maupun dikreasikan dengan topping keju, meses, serta sebagainya.

26. Kueh talam

Kueh talam lazimnya terbuat dengan bahan baku tepung- tepungan semacam tepung beras, tepung singkong( tapioka), tepung terigu ataupun tepung sagu. Kudapan talam lazimnya berlapis. Tepung beras, tapioka, serta gula merah dubuat adonan serta direbus kemudian dicurahkan sehingga menyusun 4 susunan. Sesudah itu tepung maizena& santan direbus serta dicurah pada susunan sangat atas. Sebaliknya garam& daun pandan ialah aksesoris dalam tiap-tiap adonan

Jikalau kudapan manis satu ini tenar dijumpai di snack box serta bercorak hijau dengan susunan putih di atasnya. Manis talam diwujudkan dari tepung sagu, tepung beras, serta bebauan pandan maupun daun suji. Jajanan pasar yang lembut serta legit ini ialah kemilan khas Betawi, loh!

Manis talam di pasar ada beragam tipe, mulai dari warna hingga bahan baku. Manis talam berbahan dasar tepung, namun dapat juga ditambahkan dengan ubi ataupun jagung. Adonan kudapan manis dimatangkan dengan tata metode dikukus. Manis talam memiliki penampakan semacam kudapan manis berlapis 2. Lapisan atas konsisten bercorak putih dan lapisan bawah dapat berbagai beragam warna. Di tempat Sumatera ada kudapan manis seragam dengan kudapan manis talam diucap dengan kudapan manis lumpang dan kudapan manis gandus.

27. Gemblong

Gemblong ialah salah satu ragam- ragam kue berair tradisional yang banyak dijumpai dalam jajanan pasar. Kudapan ini dijadikan dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis serta dibangun bundar semacam bola. Adonan sesudah itu dibangun bundar serta digoreng, sehabis dingin dilapisi dengan larutan gula aren.

28. Panada

Tak cuma Klappertart, Sulawesi Utara pula memiliki Panada selaku kemilan. Kudapan seperti bentuk paste ini berisi suwiran ikan cakalang yang dimasak bersamaan dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang. Panada telah terdapat di Minahasa sejak bangsa Spanyol merambah tempat ini.

29. Risoles

Sahabat pula tentu sudah sering kali menjadikan risoles di pasar. Jajajan pasar yang dibalut tepung panir ini pula banyak terbuat alterasi dengan topping modern semacam keju, mayonaise, smoked beef, serta sebagainya. Risoles apalagi pula sudah dipasarkan dalam format frozen sehingga bisa sahabat nikmati hangat- hangat mengenakan saus cabe maupun rawit.

Risol yakni memiliki rasa gurih yang terdiri dari beberapa lapisan kulit yang terbuat dari adonan tepung cair didadar. Sehabis itu kulit diisi dengan bahan isian, digulung, dan dilapisi tepung roti saat dikala sebelum digoreng. Risol dapat dijumpai dalam 3 varian, risol sayur- mayur, daging dan rogut, tipe lebih modern ada risol mayo. Miliki isu, pandangan baru dan insight di surel kau. Daftarkan surel Jajanan satu ini umumnya menyukai dipasarkan sebagai kudapan manis yang cukup dibuat pengganjal perut di pagi hari.

Risoles yaitu salah satu macam jajanan pasar yang tak keok banyak digemari. Risoles yaitu jajanan yang dibalut tepung panir, yang biasanya berisi sayur- mayur. Namun, dikala ini ini sudah banyak variasinya, yaitu dengan topping modern semacam keju, mayonaise, smoked beef, serta lain- lain.

30. Kueh lapis

Semacam namanya, jajanan pasar dengan rasa manis serta berbau harum ini terdiri dari berlapis- lapis adonan yang biasanya dipotong kotak- kotak. Manis ini diwujudkan dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, serta garam. Biasanya, kudapan manis lapis yang tenar dibeli ialah kudapan manis lapis bercorak hijau maupun coklat dari perona alami pandan maupun coklat.

31. Comro

Singkong memanglah jadi bahan utama yang mudah diolah jadi beragam variasi santapan. Selaku salah satu sumber zat tepung, singkong memiliki rasa tawar yang lezat buat dikombinasikan dengan rasa gurih maupun manis.

Comro yang yaitu singkatan dari oncom di jero ini ialah bahasa Sunda yang maksudnya oncom di dalam. Ya, adonan singkong yang diparut ini hendak diisi dengan oncom yang biasanya telah dicampur dengan rawit sehingga rasanya pedas, fresh, namun buat ketagihan. Tak heran kalau jajanan pasar ini pula jadi sering kali dijumpai di tukang gorengan kaki 5.

32. Tahu Goreng

Gorengan satu ini yakni tahu diberikan isian campuran sayur- mayur wortel, kol, dan taoge. Sehabis itu tahu dicelupkan ke dalam adonan tepung cair dan digoreng sampai garing. Tahu goreng memiliki beberapa sebutan, antara lain tahu bunting, tahu isi, gehu, tahu susu. Hampir semua orang Indonesia tak ada yang tak merajai gorengan ini.

Baca Juga  : Minuman Tradisional Penghilang Rasa Capek dari 10 Jamu dan 3 Jus

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *