10 Obat alami untuk darah tinggi yang terbukti ilmiah ampuh

obat darah tinggi alami

Obat alami untuk darah tinggi yang sering digunakan

Obat alami untuk darah tinggi mungkin banyak orang yang belum tahu apa saja macam-macamnya.

Sebelum lebih lanjut mengetahui apa saja obat alami untuk darah tinggi anda perlu tahu juga bahwa tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi telah mempengaruhi hampir setengah dari semua orang dewasa indonesia

Oleh karena melihat fakta demikian, sudah sepatutnya kita harus berhati-hati terhadap makanan yang kita konsumsi.

makanan tinggi kolesterol adalah penyebab tingginya resiko seseorang mengalami darah tinggi, penyakit ini juga adalah faktor resiko paling umum diketahui yang membawa kepada penyakit jantung dan stroke

Tentu bukan hanya faktor makanan saja yang mempengaruhi risiko terkena darah tinggi, genetik dan umur juga berpengaruh.

Tetapi sebagaimana pengetahuan tentang risiko penyakit ini, makanan adalah sesuatu yang dapat kita kendalikan dan kita pilih, berbeda dengan umur dan genetik yang merupakan faktor yang tidak bisa kita hindari.

Bagaimanapun juga menerapkan gaya hidup sehat dan diet seimbang dapat juga mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam kenyataannya bahwa beberapa herbal dan rempah-rempah dapat mengurangi tingkat tekanan darah, oleh karenanya mungkin Anda ingin mempertimbangkan herbal ini sebagai untuk menambahkannya dalam menu diet Anda juga.

Artikel ini berdasar penelitian ilmiah dari sumber terpercaya melalui link dibawah ini

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK539859/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24921632/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20448636

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19505553

https://www.acc.org/latest-in-cardiology/articles/2017/11/08/11/47/mon-5pm-bp-guideline-aha-2017

 

10 obat alami darah tinggi berikut mungkin ada yang biasa Anda jumpai sebagai rempah-rempah bumbu pada masakan, bisa jadi mungkin ada juga yang baru anda dengar.

Yuk mari disimak apa saja kesepuluh obat alami darah tinggi tersebut.

Juga lebih baik setelah mendapat informasi dari artikel ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan salah satu dari herbal berikut.

1. Basil / Biji Selasih

biji selasih obat darah tinggi

Basil (Ocimum basilicum) atau orang indonesia sering menyebutnya dengan biji selasih adalah bahan ramuan yang bisa menjadi bahan minuman lezat.

Karena alasan kebermanfaatan ini biji selasih populer dalam pengobatan alternatif,  orang-orang pasti gak banyak mikir kan kalau ternyata obatnya sering jadi minuman yang lezat 🙂

Biji selasih tinggi dalam kandungan eugenol sebuah senyawa antioksidan fenilpropanoid yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Penelitian telah menghubungkan manfaat tanaman antioksidan ini termasuk terhadap penurunan tekanan darah tinggi yaitu bahwasanya eugenol bertindak sebagai inhibitor saluran kalsium alami.

Menyaring saluran kalsium dan mengatur aliran kalsium ke dalam sel-sel jantung dan arteri sehingga membuat  pembuluh darah menjadi rileks

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak basil manis cukup ampuh membantu relaksasi pembuluh darah dan mengencerkan darah, yang pada akhirnya membantu menurunkan tekanan darah.

Namun dalam perkembangannya, para ilmuwan harus melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki sampai mana basil membantu menurunkan tekanan darah pada manusia.

Ringkasan

Basil berisi senyawa seperti eugenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah saat penelitian pada hewan. Namun, lebih banyak penelitian manusia masih diperlukan untuk tingkat efektifitasnya.

2. Parsley / Peterseli

peterseli obat darah tinggi

Parsley / peterseli (Petrosel crispum) adalah ramuan populer di Amerika, Eropa, dan Timur Tengah sampai ke Mediterania dan memiliki profil gizi yang mengesankan.

Peterseli mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C, Karotene. Kebiasaan diet yang baik menggunakan parsley yang dapat mengurangi tekanan darah.

Banyak studi telah menunjukkan bahwa antioksidan-antioksidan dalam peterseli mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat (ldl), serta tentunya mengurangi faktor risiko penyakit jantung

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peterseli mengurangi tekanan darah sistematis dan diastolik dengan bertindak seperti pengguncang saluran garam kalsium, seperti jenis obat yang membantu relaksasi dan memperlebar pembuluh darah

Namun, masih terbatas penelitian peterseli pada tekanan darah manusia. Lebih banyak penelitian dibutuhkan di terkait peterseli untuk lebih memahami tingkat efeknya.

Ringkasan

Parsley mengandung berbagai senyawa, seperti vitamin C, Karotene, kebiasaan diet menggunakan peterseli dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Namun, lebih banyak penelitian manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi sampai mana efek tersebut.

3. Benih seledri (Bisa dibuat Jus)

benih seledri obat darah tinggi alami

Benih Seledri (apium graveolens) adalah rempah-rempah serbaguna yang mengandung berbagai nutrisi, seperti besi, magnesium, manganium, kalsium dan serat.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan benih seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Terdapat penelitian pada tikus memeriksa efek ekstrak benih seledri pada tekanan darah.

Penelitian menemukan bahwa benih seledri berhasil menurunkan tekanan darah pada tikus yang sudah punya tekanan darah tinggi namun tidak pada tikus dengan tekanan darah normal.

Para peneliti menyarankan bahwa senyawa yang ditemukan dalam benih seledri mungkin membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai inhibitor saluran kalsium

Selain itu, benih seledri adalah sumber serat yang baik dan tidak banyak orang tahu juga bahwa benih seledri dapat diolah menjadi jus yang enak

Terkait studi ilmiah Para ilmuwan harus melakukan lebih banyak penelitian pada manusia

Ringkasan

Penelitian hewan menunjukkan bahwa benih seledri dapat mengurangi tekanan darah. Ramuan ini mungkin efektif berkat serat dan bertindak sebagai penghalang saluran kalsium alami. Studi lebih lanjut diperlukan.

4. Cina cat claw

Orang-orang telah lama menggunakan cakar kucing Cina dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit, Di indonesia sendiri tanaman ini belum populer

Nama ilmiahnya adalah Uncaria rhynchophyla, ia juga disebut Guo-Teng atau Chotoko.

Namun, jangan membingungkannya dengan cakar kucing (Uncaria tomentosa). Meskipun nama dan penampilannya mirip, tanaman ini memiliki asal senyawa kimia yang berbeda.

Cina cat claw berisi banyak senyawa seperti hirsutine dan rhynchophylline.

Penelitian hewan menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai blok alami saluran kalsium.

Selain itu, senyawa ini dapat merangsang pembuluh darah untuk menghasilkan oksida nitrat, senyawa kimia yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar

Penelitian pada hewan mendukung efek seyawa ini, menunjukkan bahwa ekstrak cat claw Cina atau senyawa-nya mengurangi tekanan darah dan membantu melancarkan aliran darah.

Namun, penelitian manusia perlu pendalaman lebih lanjut

Ringkasan

Cakar kucing Cina mengandung senyawa yang mungkin bertindak sebagai senyawa alami kalsium blocker saluran dan membantu pembuluh darah bersantai, menurut penelitian hewan. Studi manusia lebih lanjut diperlukan.

5. Bacopa monnieri (Daun Air)

Tumbuhan daun air tumbuh di daerah rawa di Asia Selatan biasa orang menggunakannya untuk hiasan akuarium.

Tetapi praktisi obat menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kecemasan, masalah memori, dan tekanan darah tinggi.

Dalam studi hewan, Bacopa monnieri membantu mengurangi tingkat sistematis dan tekanan darah diastolik dengan menstimulasi pembuluh darah untuk melepaskan nitrat oksida.

Sebuah studi pada 54 orang manusia dewasa sehat selama 12 minggu melihat efek bacopa monnieri pada memori, kecemasan, depresi dan tekanan darah.

Meskipun hasil studi hewan menjanjikan, efek dari Baca monnieri pada tekanan darah pada manusia masih belum jelas.

Para ilmuwan harus melakukan lebih banyak penelitian tentang efek ramuan ini.

Bacopa monnieri bisa dibeli di toko makanan, toko kesehatan dan toko online. Tersedia dalam beberapa bentuk, termasuk bubuk, kapsul.

Ringkasan

Penelitian hewan menunjukkan bahwa ramuan Bacopa monnieri dapat membantu peregangan pembuluh darah dan relaksasi, mengurangi tekanan darah. Namun, penelitian manusia masih terbatas dan cukup banyak tantangan.

6. Bawang putih

Siapa yang tidak tahu bawang putih? bawang putih kaya dalam banyak senyawa yang dapat menguntungkan kinerja hati Anda.

Secara khusus, bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti alicin, yang dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah dan relaksasi dalam pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor ini dapat membantu tekanan darah mnjadi lebih rendah

Sebuah review 12 studi pada lebih dari 550 orang yang menderita tekanan darah tinggi dan makan bawang putih, hasilnya mengurangi tingkat sistematis dan tekanan darah diastolik pada kadar masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Tingkat Pengurangan ini hampir sama dengan efek obat tekanan darah kimiawi

Kemudian sebuah studi selama 24-minggu pada 30 orang menemukan bahwa 600-1500 mg ekstrak bawang putih cukup efektif menurunkan tekanan darah seperti obat atenol

7. Thyme

Thyme adalah ramuan lezat yang dikemas dengan banyak senyawa yang sehat.Asam Rosmarinic adalah salah satu senyawa ini.

Penelitian telah menghubungkannya dengan beberapa manfaat, seperti mengurangi peradangan dan kadar gula darah, serta peningkatan aliran darah.

Hal ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam rosmarinic secara signifikan membantu mengurangi tekanan darah sistolik dengan menghambat enzim angiotensin

Ace adalah molekul yang mempersempit pembuluh darah dan menimbulkan tekanan darah. Jadi, inhibisi tersebut dapat menurunkan tekanan darah.

Studi lainnya pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak thyme mengurangi faktor risiko untuk penyakit jantung, seperti kolesterol total, LDL, trigliserides dan tekanan darah.

Namun, penelitian pada manusia terbatas pada tantangan thyme itu sendiri dan tekanan darah. Para ilmuwan harus melakukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki efek ini pada manusia.

Ringkasan

Thyme memiliki senyawa yang kuat, seperti asam, rosmarinic, yang tampaknya membantu relaksasi pembuluh darah dalam studi pada hewan. Akan tetapi, para peneliti harus melakukan penelitian pada manusia.

8. Cinnamon / Kayu manis

Kayu manis adalah Rempah Wangi yang berasal dari kulit dalam pohon dari genus Cinnamomum.

Orang-orang telah menggunakannya selama berabad-abad dalam obat tradisional untuk mengobati penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Meskipun tidak sepenuhnya dimengerti bagaimana kayu manis menurunkan tekanan darah, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu memperluas dan rileks pembuluh darah.

Ditinjau dari 9 studi pada 641 partisipan yang mengkonsumsi kayu manis, hasilnya mengurangi tingkat sistematis dan tekanan darah diastolik rata-rata dari masing-masing. 6.2 mm Hg dan 3.9 mm Hg,

Efek terkuat ketika orang-orang mengkonsumsi kayu manis secara konsisten lebih dari 12 minggu

Terlebih lagi, review 3 studi pada 139 peserta dengan tipe 2 diabetes untuk melihat efek konsumsi kayu manis.

Mereka yang mengkonsumsi 500-2400 mg kayu manis per hari lebih dari 12 minggu mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg dalam tekanan darah sistolik dan 2.6 mm Hg dalam tekanan darah di laastolik

Kayu manis mudah dikombinasikan ke dalam bumbu makanan.

Penggunaan suplemen esensial kayu manis adalah alternatif lain selain mengkonsumsinya sebagai bumbu makanan

Ringkasan

Cinnamon tampaknya membantu melebarkan dan rileks pembuluh darah, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

9. Ginger / Jahe

Ginger atau jahe sangat serbaguna dan merupakan bahan penting dalam pengobatan alternatif. Sangat sering juga dibuat ramuan bersama dengan kunyit.

Orang-orang telah menggunakannya selama berabad-abad untuk meningkatkan banyak aspek terhadap kesehatan jantung, termasuk sirkulasi darah, tingkat kolesterol dan tekanan darah

Telah terbukti ilmiah penelitian pada manusia dan hewan, bahwa makan jahe mengurangi tekanan darah dalam beberapa hal.

Berfungsi sebagai penghambat saluran kalsium alami dan penghambat enzim engiostensin alami

Bloker saluran kalsium dan ACE inhibitor adalah jenis obat tekanan darah.

Sebuah studi lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan jahe setidaknya 2-4 gram per hari mendapatkan resiko terendah dalam kenaikan hipertensi

Jahe lezat dan mudah untuk dikombinasikan dalam menu makanan. Atau bisa juga membeli suplemen jahe secara online. Ini lebih praktis.

Ringkasan

Jahe tampaknya menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai alam inhibitor saluran kalsium alami dan melebarkan pembuluh darah.

10. Kapulaga

Kapulaga adalah bumbu lezat dengan rasa manis yang sedikit kuat.

Banyak kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi selama 12 minggu pada 20 orang dewasa yang baru didiagnosis dengan hipertensi menemukan bahwa makan 3 gram bubuk kapulaga per hari dapat mengurangi tekanan darah, menurunkannya sampai mendekati normal

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai bloker saluran kalsium dan diuretic alami, meskipun sementara hasil-hasil ini yang menjanjikan penelitian pada kapulaga ini masih cukup baru.

Oleh karena itu, para ilmuwan harus melakukan studi tambahan untuk lebih lanjut menyelidiki efektifitasnya pada manusia.

Ringkasan

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa kapulaga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan bertindak sebagai bloker saluran kalsium blocker dan diuretic alami. Namun, lebih banyak penelitian manusia diperlukan.

 

Kesimpulan dari artikel 10 obat alami untuk darah tinggi

Hal yang paling bijak dalam menurunkan tekanan darah tinggi tentu saja bukan hanya sekedar mengkonsumsi ramuan alami dari bahan rempah atau tumbuhan seperti yang telah diutarakan artikel ini, tetapi yang paling penting adalah melakukan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan cukup serat dan gizi seimbang, olahraga dan istirihat yang cukup serta menghindari stress berlebih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

butuh bantuan?