7 bahan dapur dan 7 makanan untuk menghilangkan bau badan secara alami

cara menghilangkan bau badan secara alami

cara menghilangkan bau badan secara alami – image source from Spy.com

Ada orang di dunia ini yang memiliki karakteristik tubuh yang sama seperti orang lain, yaitu mereka yang memiliki bau badan dari diri mereka sendiri.

Meskipun secara alami tubuh kita menciptakan aroma yang unik, mungkin ada faktor yang khusus dalam dirinya, sehingga menimbulkan bau badan dan menyebabkan perasaan diri menjadi tidak menarik.

Bau badan, memang kurang menyenangkan, apalagi baunya menusuk, ini adalah masalah yang sangat besar bagi anda. Selain tidak nyaman terhadap diri sendiri, bau badan juga membuat kita kurang percaya diri dalam percakapan dan aktivitas.

Karena bau badan tidak hanya menjauhkan kenyamanan yang diinginkan, tetapi juga mengganggu orang yang sedang dekat dengan Anda. Jadi akan timbul rasa malu saat bekerja atau berdekatan lebih lama dengan teman-teman

Kondisi yang dapat membahayakan rasa percaya diri ini membuat banyak orang bersedia melakukan apa saja untuk melenyapkan masalah bau badan dari diri mereka.

Bau badan telah teridentifikasi salah satu penyebabnya adalah keringat. Namun, berkeringat adalah proses alami badan untuk menyingkirkan racun dan limbah dari dalam tubuh anda. hal yang mungkin menjengkelkan adalah bila berurusan dengan berkeringat berlebihan.

Tapi jangan takut. Ada solusi sederhana untuk anda. Terbuat dari bahan-bahan dapur yang dapat anda miliki di rumah. pastinya bahan-bahan alami yang lebih aman dari efek samping dibanding produk campuran dari bahan-bahan kimiawi atau bahan-bahan artifisial

Bahan dapur untuk menyingkirkan bau badan secara alami, Aman tanpa efek samping

1. Bawang putih

Zat alami yang menciptakan pengabur bau badan adalah bawang putih. Meskipun banyak orang berpikir bahwa bahwa bawang putih memiliki bau yang sangat tajam, dan mungkin Anda juga tidak menyukainya, bawang putih telah teruji dapat melawan bau badan karena memiliki sifat antibakteri.

Dengan mengkonsumsi secukupnya bawang putih, bau badan akan hilang secara perlahan. Bila ingin menggunakannya sebagai deodoran, anda bisa menggunakan campuran: 3 cengkeh, 1 bawang putih dikupas dan 2 cangkir air

Rebus bawang putih dan air selama 10-15 menit. Biarkan campurannya dingin dan agak mengeras. Terapkan tonik (bubuk deodoran) seperlunya pada badan anda, biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya. Ulangi prosedur ini setiap hari untuk mencapai hasil maksimal.

Cara terbaik untuk menghilangkan bau badan sebenarnya harus memiliki pencegahan dalam mengkonsumsi makanan penyebab bau badan, namun ada juga makanan yang justru membantu dalam menyingkirkan bau badan

Bau badan juga bisa benar-benar karena makanan yang kita konsumsi setiap hari. Tapi jangan takut, karena ada solusi makanan yang dapat membantu Anda mengurangi bahkan menyingkirkan bau badan yang Anda tidak suka.

2. Bubuk Kopi

Materi alami yang ampuh melenyapkan bau badan, ialah bubuk kopi. Bubuk kopi sudah dikenal dengan karakteristik aroma yang khas. Untuk aroma yang kuat, Anda dapat secara manual semprotkan bubuk kopi untuk mengaburkan aroma-aroma dari dapur yang berbau tajam seperti dari bahan makanan ikan, bawang putih dan bawang merah.

Atau bisa juga anda memakai kopi untuk mengurangi bau badan, memakainya sebagai scrub, menggosokannya pada kulit sehingga mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit baru terbuka.

Cara menyiapkan scrub dengan bubuk kopi yaitu, campurkan: 1 bagian kopi, 1 bagian kelapa atau minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial menurut preferensi Anda

Campur semua bahan dalam mangkuk atau botol kecil. untuk melembabkan kulit caranya yaitu menggosok lembut ke bagian tubuh. Pijat lembut untuk mengelupaskan kulit mati. Cuci dengan air sabun secara perlahan. Gunakan scrub sekali seminggu.

3. Lemon

Zat alami dalam lemon dapat mengaburkan bau badan. Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, yang membantu melindungi tubuh dari kuman yang menyebabkan bau tubuh.

Dengan minum air lemon, serta menerapkan cairan lemon ke ketiak, Anda dapat mengubah tingkat pH tubuh, serta mengurangi bau tubuh Anda.

Harap dicatat bahwa ahli medis menemukan bahwa asam ditemukan dalam lemon dapat bereaksi keras ketika terkena matahari. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan produk di malam hari atau ketika Anda tahu bahwa anda akan tinggal di dalam ruangan.

Cara membuat air lemon murni, menggabungkan: Jus lemon setengah gelas plus 1 cangkir air

Anda dapat minum campuran ini atau menggunakan kapas untuk menerapkan sebagai antiseptik untuk kulit.

4. Merendam kaki dengan dengan cuka

Zat alami yang terdapat pada cuka dapat menghilangkan bau badan terutama pada bagian kaki, caranya mudah yaitu kaki direndam dengan cuka. Cuka adalah obat rumahan antibakteri yang kuat, ampuh terhadap berbagai bentuk bakteri, jamur, dan mikroba.

Telah terbukti bahwa asam acetat dapat melawan bau kaki, bahkan kutu air.

Membuat pencampuran rendaman yang pas sehingga kaki dapat terendam, campurkan cuka dan air dengan komposisi : 1 bagian cuka, 2 bagian air. Bisa juga dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial yang wanginya cocok untuk pribadi sendiri

Merendam kaki anda di dalam campuran cuka selama 10-20 menit. Lakukan ini sekali sehari dan perhatikan bau kaki akan hilang

5. Alkohol konsentrasi rendah (10-20%)

Bila membutuhkan deodoran semprot, bisa semprotkan alkohol konsentrasi 10-20% ke kapas dan oleskan ke ketiak yang berkeringat. Hindari menggunakan alkohol pada kulit ketika hendak mencukur, gunakan wax untuk menghindari iritasi yang mungkin terjadi disebabkan oleh alkohol.

6. Deodoran dari Baking Soda

Baking soda telah digunakan di banyak industri sebagai pernetral bau yang kuat. Anda juga dapat membuat deodoran yang banyak mengandung baking soda sehingga akan membantu melawan bau tubuh.

Tapi menerapkan baking soda dalam bentuk yang diencerkan langsung ke kulit bisa menyebabkan alergi. Oleh karena itu, Anda harus mengintegrasikan dengan bahan lain sebelum memakainya. Untuk membuat deodoran kering dengan baking soda, buat campurannya yakni: 1 bagian baking soda plus 6 bagian jagung Tepung maizena

Taruh di wadah tertutup rapat dalam bentuk bubuk sehingga dapat digunakan untuk perawatan dalam waktu yang lama.

7. Obat kumur (mouthwash) dari minyak kelapa

Berikutnya menerapkan mouthwash yang dibuat dengan minyak kelapa. menggunakan minyak kelapa mengandung bahan alami cukup baik dapat mengaburkan bau badan.

Minyak kelapa kaya kandungan sebagai antibakteri yang telah ditunjukkan dalam membantu menjaga kebersihan mulut. Obat kumur dari minyak kelapa dapat mengurangi napas bau, plak dan gingivitis karena dikenal dapat mengikat kotoran, kumurlah: 1-2 sendok makan minyak kelapa.

Bilas mulutmu dan berkumur di sekitar kerongkongan lebih sering, setiap 5 menit atau 20 menit. kemudian buang minyak dan bilas lagi dengan air hangat.

Berikut rekomendasi 7 bahan makanan untuk menghilangkan bau badan secara alami

1. Air putih

Konsumsi air putih sangat dianjurkan bagi semua orang. Memprioritaskan minum air putih dibanding air minum lainnya terlihat sederhana tapi tidak semua orang suka melakukannya.

Keuntungan alami yang sangat kaya dalam proses metabolisme membuat air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Keuntungan air putih dibanding air minum lainnya adalah sebagai komponen nutrisi yang siap dipakai dalam proses metabolisme, sehingga organ pencernaan lebih terjaga fungsi metabollismenya dibanding air minum selain air putih yang harus diurai terlebih dahulu.

Usahakanlah untuk minum air putih dalam cara yang teratur, sehingga air dapat menghilangkan racun atau residu yang mengganggu metabolisme melalui saluran kencing, sehingga ketika racun atau residu tersebut bisa lebih sedikit dibuang dalam keringat.

2. Sayuran mentah

Bagaimana cara untuk menyingkirkan bau badan dengan mengkonsumsi makanan?, apakah anda sudah tahu pada kenyataannya, makanan yang dapat mengontrol bau badan yaitu dengan mengkonsumsi sayuran mentah.

Alasannya karena sayuran mentah masih memiliki nutrisi yang segar. Bau badan bisa timbul karena metabolisme tubuh yang kurang baik, nutrisi yang alami seperti vitamin A dan B masih banyak terkandung dalam sayuran mentah dan akan berkurang seiring pematangan karena dimasak atau mungkin proses alami pembusukan.

Vitamin A dan B sebagai nutrisi alami yang sering dijumpai di berbagai sayuran adalah komponen yang baik untuk proses metabolisme yang normal pada tubuh

Metode mengurangi bau badan dengan sayuran mentah ini terbukti ampuh. Pilihlah sayuran yang memang sudah umum bisa dimakan mentah menjadi lalapan atau mungkin kudapan. Pastikan sebelum dikonsumsi, sayuran harus di cuci, sehingga sayuran tidak mengandung kuman yang malah dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

3. Buah segar

Apakah orang-orang sekitar anda tidak suka bau tubuh Anda? Nah, kali ini Anda akan mendapat solusi dengan bantuan dari makanan enak, serta sehat. Salah satunya adalah buah segar. Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, sifatnya Anda akan mendapatkan manfaat seperti mengkonsumsi sayuran mentah yaitu mendapatkan nutrisi alami yang dapat memecahkan masalah mengenai bau tubuh Anda.

Studi menunjukkan bahwa makan makanan dengan jumlah rendah kolin dapat menciptakan kondisi tubuh yang tidak bau.

Buah segar yang dapat dimakan, antara lain, berbagai melon, apel, anggur, pisang, buah pir, jeruk, dan stroberi.

4. Daging putih

Anda perlu tahu bahwa jenis daging berdasar warna terdiri dari dua yaitu daging putih dan daging merah. Walaupun secara spesifik mengkonsumsi daging tertentu juga memiliki efek tersendiri bagi tubuh, namun secara umum warna daging menunjukan komposisi yang sangat berbeda antara daging merah dan putih.

Masalah bau badan sering terjadi pada orang yaang suka makan daging merah, karena protein pada daging merah lebih susah dicerna daripada daging putih. Selain itu kandungan lemak jenuh yang lebih banyak dijumpai pada daging merah berkontribusi pada timbulnya bau badan.

5. Teh Herbal

Bau badan pastinya sangat menjengkelkan bukan, ada cara yang cukup mudah dan mungkin bisa dipraktekan oleh semua orang yaitu dengan minum teh herbal. Tidak hanya memiliki banyak manfaat keindahan, pada kenyataannya, teh herbal juga memiliki manfaat lain yang dapat menghilangkan bau badan yang tidak kondusif.

6. Beras merah (Nasi merah)

Metode menghilangkan bau badan berikutnya adalah memakan nasi merah. Tidak hanya bisa menjadi sumber energi untuk badan, pada kenyataannya, beras merah juga dapat membantu Anda menyingkirkan bau tubuh.

Pokok dari topik ini adalah protein yang terkandung dalam beras merah. Protein ini bisa membuat tubuhmu lebih sehat dengan metabolisme lebih baik dengan mengkonsumsi nasi putih pada umumnya

7. Rempah-rempah

Konsumsi herbal dengan aroma yang menyenangkan juga dapat mengurangi bau tidak menyenangkan pada badan Anda. Dengan percobaan mengkonsumsi ramuan eksotis seperti seledri, ketumbar, thyme, rosemary, Anda dapat mengurangi bau badan yang tidak dikehendaki.

Daun Kinicare, cengkeh, turmeric, jahe, pala, kayu manis dan mint dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan bau yang lebih disenangi.

Bila bau tubuh Kamu masih membandel, Kamu dapat berupaya dengan metode dengan metode mencukur ketiak secara tertib. Sebab dengan melaksanakannya hal ini, bau yang tidak baik yang terdapat pada badan kamu akan menurun.

Tidak hanya itu, Kamu dapat pula berupaya hilangkan bau tubuh dengan metode olahraga. walaupun memanglah bisa menimbulkan keringat kamu bercucuran. Tetapi dengan metode ini keringat yang dikeluarkan hendak membuang seluruh tipe bakteri serta kuman yang bersarang pada pori-pori tubuh kamu.

Baca Juga : 7 cara mengatasi kulit kering dan gatal dengan bahan-bahan alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

butuh bantuan?