7 cara mengatasi kulit kering dan gatal dengan bahan-bahan alami

kulit kering dan gatal

Bagaimana jika anda memiliki kulit kering dan gatal ?

Saat anda merasa ada yang tidak beres dengan kulit seperti rasa gatal disertai kulit yang kering, kemungkinan kemerahan, pasti akan sangat menganggu aktivitas anda.

Jangan sampai panik apalagi sampai bingung bagaimana cara mengatasinya.

Mungkin bagi sebagian besar orang akan mudah untuk berpikir membeli obat kimia untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Padahal tidak semua orang cocok dengan obat kimia, karena memiliki risiko efek samping.

Selain itu berkonsultasi ke dokter bagi sebagian orang bukan sebagai pilihan yang praktis, apalagi dimasa PPKM darurat pandemi covid-19 ini, menghambat orang untuk bepergian menuju klinik kesehatan

Sebelum anda mengetahui obat alami apa saja yang bisa mengatasi kulit kering dan gatal, alangkah baiknya anda mungkin bisa mengecek bagaimana gejala kulit kering dan alami itu timbul.

Misalnya dimungkinkan setelah anda mengkonsumsi makanan yang membuat anda alergi, atau  karena efek lingkungan seperti suhu dan kelembaban yang tidak bersahabat, atau mungkin merupakan masalah genetik dan faktor penuaan

Semakin anda tahu penyebabnya akan lebih bagi anda untuk melakukan pengobatan yang efektif

Secara umum kulit kering biasa disebut xerosis, adalah kulit yang tidak memiliki kelembaban di lapisan luar. Jika tidak diobati, kulit kering dapat menjadi retak dan rentan terinfeksi.

Menggunakan pelembab untuk kulit kering itu penting. Lebih baik anda mencoba bahan-bahan alami sehingga anda tidak perlu takut dengan masalah efek samping.

Selain itu bisa jadi bahan-bahan alami berikut ini bisa anda dapatkan disekitaran anda. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dibanding membeli obat kimia atau pergi ke dokter

Praktik terbaik untuk menggunakan pelembab pada kulit kering. Biarkan kulit sedikit basah setelah mandi, mengoleskan pelembab dengan merata dan membiarkannya meresap.

Jika penyebab kulit kering dan gatal anda karena masalah lingkungan atau penuaan, Sebagian besar perawatan dengan bahan-bahan alami berikut ini dapat digunakan sebagai pelembab dengan hasil yang cukup baik.

1. Minyak biji bunga matahari

Pada tahun 2013 terdapat studi yang menemukan bahwa minyak biji bunga matahari dapat meningkatkan kelembaban kulit, ketika digunakan sebagai pelembab.

Ini dikarenakan minyak biji bunga matahari memiliki banyak kandungan vitamin-e dan omega 6. Fungsi kedua nutrien ini dapat mengurangi kekasaran dan ruam merah pada kulit. Selain itu berfungsi juga dalam menghambat inflamasi dan menambah kemampuan regenerasi sel-sel kulit yang baru

2. Minyak kelapa

Minyak alami yang terbaik untuk merawat kulit kering dan gatal adalah minyak kelapa. Sebuah sumber studi yang dapat diandalkan menemukan bahwa minyak kelapa adalah sebagai bahan yang aman dan efektif.

Peningkatan hidrasi kulit dan peningkatan jumlah lemak (lemak) ditemukan pada permukaan kulit.

Sebuah lembaga penelitian pada 2013 menjelaskan, minyak kelapa mengandung asam lemak yang memiliki sifat pengatur kelembaban.

Emollients adalah lemak atau minyak yang berfungsi sebagai pelembab.  Mengisi kesenjangan hidrasi dalam kulit kering menjadi merata, sehingga membuatnya halus.

3. Mandi Oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami lain yang dapat membantu mengobati kulit kering.

Apakah anda tahu bahwa oatmeal bisa dijadikan bahan rendaman saat mandi ?

Tambahkan oatmeal untuk mandi. Bisa juga digunakan sebagai krim luluran dapat membantu meringankan gejala kulit kering.

Sebuah sumber terpercaya 2015 menyatakan bahwa ekstrak gandum memiliki anti-peradangan dan Antioksidan, dapat membantu mengobati kulit kering.

4. Minum susu.

Susu juga bisa memberikan pengobatan kepada kulit kering, tetapi tidak diterapkan langsung ke kulit.

Sebuah studi sumber terpercaya 2015 menunjukkan bahwa menu diet dengan susu dapat meningkatkan kelembaban kulit.

Penelitian menemukan bahwa lemak yang terkandung dalam susu terdapat fenspoholipid. Meningkatkan perlawanan sel kulit terhadap kekeringan saat ditambahkan ke diet mereka.

5. Madu.

Madu, sudah banyak orang mengenalnya untuk berbagai pengobatan dan praktik kecantikan. Termasuk juga madu berguna untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Sebuah sumber penelitian terpercaya pada tahun 2012, mengemukakan bahwa madu berguna untuk banyak jenis penyakit kulit.

Selain itu beberapa studi menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai obat untuk regenerasi kembali sel kulit kering. Diantaranya fungsi madu pada penelitian ini ialah untuk Moisturizing, Penyembuhan dan Anti-inflamasi.

Semua resep berkualitas di rumah perawatan kulit atau klinik kecantikan, merekomendasikan madu secara normal dapat diterapkan langsung ke kulit.

6. Vaseline

Vaseline, juga dikenal sebagai minyak mineral, telah digunakan sebagai pelembab selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2017, peneliti menemukan sumber terpercaya meningkatnya pelindung kulit pada lansia setelah menggunakan minyak vaseline.

Penemuan ini mendukung penggunaan Vaseline untuk mengobati kulit kering. Terutama ketika disebabkan oleh penuaan.

7. Lidah buaya (Aloe Vera)

Krim lidah buaya bisa membantu anda terbebas dari kulit kering dan gatal, klaim dari sumber terpercaya 2003.

Sensasi dingin akan langsung anda dapatkan dari krim ini sehingga rasa gatal akan cepat berkurang

Seseorang yang memiliki kulit kering di bagian permukaan tangan atau kaki, mereka dapat mengoleskan krim lidah buaya pada daerah yang biasanya terkontaminasi saat pemakaian kaus kaki atau sarung tangan.

Orang-orang biasanya lebih suka melakukan ini sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

Tak terbatas pada permukaan tangan atau kaki. Pada kulit kering di bagian tubuh lain, krim lidah buaya bisa diaplikasikan juga. Bila memungkinkan untuk berendam dalam ekstrak lidah buaya mungkin bisa mencapai efek yang sama.

Pencegahan kulit kering dan gatal

Ketika anda merasakan kulit kering dan gatal, salah satu solusi yang bisa anda gunakan adalah menggunakan ketujuh bahan alami diatas sebagai pelembab.

Namun hal yang terbaik adalah bagaimana anda mencegah terjadinya kulit kering, sehingga tidak perlu berusaha keras menggunakan pelembab sebagai obat

Jadi dengan kata lain anda bisa juga menerapkan bahan-bahan pelembab alami diatas sebagai upaya pencegahan.

Oleh karena penyebab kulit kering dan gatal itu bermacam-macam seperti yang telah disampaikan di awal artikel ini, upaya-upaya berikut bisa membantu anda menghindari permasalahan ini :

  1. Menggaruk kulit berlebihan, merusak lapisan luar kulit
  2. Terlalu lama berada di ruangan AC
  3. Mencukur dengan silet tajam atau tanpa gel cukur
  4. Mandi terlalu sering
  5. Gosokkan kulit sangat keras dengan handuk mengering.
  6. Mandi di air yang sangat panas
  7. Penggunaan alkohol-yang berlebih pada minuman atau kosmetik
  8. Mengenakan pakaian yang mengiritasi kulit
  9. Sering kontak dengan deterjen
  10. Duduk di bawah panas langsung dari pemanas atau api
  11. Beraktivitas di luar dalam kondisi berangin tanpa penutup kulit

Jika faktor lingkungan atau penuaan bukan penyebab kulit kering, Jika bahan-bahan alami diatas ataupun pelembab yang dibeli di toko tidak mengurangi gejala kulit kering, mungkin seseorang memiliki penyebab khusus yang mau tidak mau harus mendapatkan penanganan khusus dengan berkonsultasi dengan dokter

Beberapa masalah kulit kering dan gatal yang lebih serius biasanya terdapat ruam merah, berdarah atau bahkan mungkin bernanah adalah biasanya karena infeksi bakteri dan ini harus secepat mungkin mendapatkan penanganan dokter spesialis kulit.

Baca Juga : 10 Obat alami untuk darah tinggi yang terbukti ilmiah ampuh

Beberapa disadur dari link kesehatan terpercaya https://www.medicalnewstoday.com/articles/316622

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *