9 Obat batuk alami untuk anak ini terbukti aman dan efektif

obat batuk alami untuk anak

Obat batuk alami untuk anak tidaklah sulit didapatkan 

Obat batuk alami untuk anak – Bagi orang tua yang masih memiliki anak yang berumur balita kadang dipusingkan saat anak-anak terserang sakit batuk. Anak-anak yang mungkin masih memiliki tubuh yang lemah terhadap efek obat samping kimia menjadi ke khawatiran sendiri bagi orang tua.

Penyebab batuk anak-anak seringnya akibat infeksi virus. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini dapat berlangsung selama dua minggu. Sementara penyebab batuk khusus juga bisa mencakup Asma, Alergi, sinusitis dan peningkatan keasaman perut.

Batuk pada anak-anak yang bergejala ringan bisa menghilang sendiri tanpa obat. Namun pastinya orang tua ingin anaknya cepat pulih. Apa yang orang tua harus lakukan untuk anak-anak untuk pulih dengan cepat adalah untuk memastikan bahwa tercukupinya kebutuhan untuk minum dan waktu tidur.

Jadi, Anda tidak perlu memberikan obat batuk, terutama antibiotik, dalam buah hati Anda. Dokter anak juga tidak menyarankan obat-obatan kimia digunakan untuk mengobati gejala batuk dan dingin pada anak-anak di bawah umur 2 tahun.

Obat batuk kimia harus diberikan hanya jika dokter menyarankan cukup aman untuk digunakan. Tidak ada bukti yang meyakinkan tentang efektivitas obat batuk untuk menghilangkan batuk pada anak-anak. Selain itu, juga dilarang untuk menyediakan obat batuk kimia untuk anak.

Penyebabnya, dosis dan kandungan dalam batuk orang dewasa tentu berbeda dari obat batuk untuk anak-anak. Karena itu tidak direkomendasikan untuk bayi di bawah usia 4 tahun untuk minum obat apapun, Anda dapat mencoba obat batuk alami berikut pada bayi sebagai alternatif.

Obat batuk alami pada anak adalah hal yang bijak dilakukan oleh orang tua

Efek samping obat kimia sebaiknya dihindari dengan cara menggunakan obat batuk alami. obat batuk alami padahal mempunyai khasiat yang tidak kalah dengan obak batuk kimia. kelebihan obat batuk alami tentu saja aman dari efek samping seperti pada obat batuk kimia

Obat batuk alami untuk anak-anak dapat menjadi alternatif yang aman dan efektif untuk menghilangkan batuk dan gejala demam pada anak-anak kecil. Jika kau minum obat batuk, obat tradisional biasanya tidak menimbulkan resiko tinggi, membuatnya lebih aman untuk menangani penyakit pernapasan pada anak-anak yang berusia sekitar satu tahun.

Batuk pada anak, terutama pada usia 1 tahun, sebenarnya sering membuat orang tua khawatir. Namun, itu bukan pilihan yang bijak untuk bebas menggunakan obat-obatan di apotek, karena anak-anak di bawah 4 tahun tidak diperbolehkan menggunakan obat sembarangan.

Secara individual, anda bisa memberikan berbagai perawatan, batuk alami untuk anak-anak. Amat bijak jika orang tua mengedapankan obat batuk alami dahulu sebelum memutuskan menggunakan obat batuk kimia, apalagi jika batuk yang dirasakan anak masih tergolong batuk ringan

9 Obat batuk alami ini terbukti aman dan efektif untuk anak

Untuk orang tua perlu mengetahui Obat batuk alami untuk anak-anak yang terbukti aman dan efektif berikut ini

1. Susu ASI atau susu formula 

Susu ASI dan susu formula susu dapat menjadi obat Batuk Alami yang efektif untuk anak-anak. ASI mengandung zat alami yang meningkatkan kekuatan tubuh anak-anak. ASI juga dikenal kuat untuk bersantai dan membersihkan tenggorokan.

Selain ASI, susu formula juga mengandung zat-zat yang membantu menjaga fungsi imunitas tubuh. Oleh karena itu, ketika anak batuk, orang tua harus bisa memberikan susu formula sebagai dukungan bila susu ASI tidak mencukupi

2. Sup ayam hangat

Apakah anda tahu bahwa sup ayam itu mengandung obat anti radang tenggorokan? Oleh karena itu, hidangan ini sempurna sebagai salah satu obat batuk alami untuk anak-anak satu tahun. Suhu Sup Hangat juga bertindak sebagai evaporator (menguap). Uap ini dapat membantu mengeluarkan lendir di hidung.

Lendir  yang berhasil keluar membuat anak bisa bernafas dengan lebih lega, pasokan oksigen yang lebih baik juga akan meningkatkan sistem imunitas anak

3. Air hangat

Mungkin air hangat bukan termasuk daftar obat khusus, namun terdapat efektivitas yang cukup baik terhadap penggunaan air hangat dalam mengurangi intensitas batuk

Jika anak Anda berumur 6 bulan atau lebih, pastikan dia minum cukup air. Air hangat untuk obat batuk alami untuk anak-anak, yang dapat membantu melemahkan phlegm. Jika phlegm diencerkan, klegm akan lebih mudah dibersihkan. Pada saat yang sama, anak-anak tidak merasa sakit ketika batuk.

4. Tambahan bantal

Tambahan bantal maksudnya sebagai ganjalan, tepatnya juga ini mungkin bukan disebut suatu obat tapi merupakan tindakan pengobatan.

Caranya adalah,  Berikan bantal tambahan ketika anak sedang tidur, jadi angkat kepalanya lebih tinggi.  Pada saat yang sama, saluran pernapasannya akan terbuka, dan lendir akan dapat keluar dengan lebih mudah.

5. Madu (obat batuk alami alternatif terbaik)

Obat batuk alami untuk anak-anak, seperti madu cair, mungkin lebih aman dan lebih efektif untuk menghilangkan gejala pernapasan pada anak-anak. Madu bertindak mirip dengan obat batuk dekstromorfan oqfan sehingga anak – anak bisa tidur nyenyak.

Berikan anak Anda satu sendok teh madu setiap hari atau seperlunya. Madu bisa membantu melemahkan flek pada tingkat keparahan tertentu batuk anak-anak juga bisa berkurang.

Efek madu mirip dengan jenis obat batuk dari Dxtromethorfan untuk menekan batuk sehingga anak-anak bisa tidur dengan nyenyak. Namun, harap diingat bahwa pada kasus yang jarang, makan madu berlebihan juga memiliki efek samping. Pada beberapa anak lebih tua dari satu tahun, madu dapat menyebabkan sakit perut, mual dan muntah.

Ingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun, karena dapat menyebabkan botulisme, yang merupakan reaksi alergi.

6. Bawang merah.

Bawang merah juga obat batuk tradisional untuk anak-anak yang cukup kuat untuk melawan flu dan batuk. Diketahui bahwa bawang mengandung vitamin C, flavonoid, serat, kalsium, dan juga, seperti yang diketahui, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlakukan beberapa, salah satunya adalah flu dan batuk.

Anda dapat tipis-tipis mengiris bagian bawang merah dan mencampurnya dengan minyak kelapa, dan kemudian menggosok ke belakang (punggung,) dada, leher, dan telapak kaki bayi. Rasa hangat dan baik dalam kandungan bawang dan minyak putih akan membantu untuk meringankan gejala batuk dan memfasilitasi kerja saluran kecil pada pernapasan.

7. Pelembab udara (Humidifier)

Jika Anda memiliki pelembab udara atau humidifier, anda dapat menggunakannya untuk memasukkannya ke dalam kamar anak Anda. Obat ini digunakan untuk memfasilitasi pernapasan anak dengan frekuensi batuk yang cukup sering. humidifier membantu buah hati bisa tidur dengan tenang.

8. larutan garam (saline)

Beberapa tetes larutan garam juga bisa menjadi obat batuk alternatif untuk anak-anak. Larutan garam adalah tetes hidung yang dibuat dari suatu solusi aqueous garam, fungsi steril berfungsi  melepaskan lendir di hidung dan tenggorokan. Suntikkan larutan garam ke lubang hidung anak, lalu hisap lendir pada dot khusus yang bisa kau beli di apotek.

9. Uap hangat

Pengobatan batuk secara tradisional untuk anak lainnya ialah menggunakan uap hangat. Uap hangat dapat membantu untuk mencairkan sputum dan meringankan sistem pernapasan anak-anak.

Ketika menerapkan uap hangat, Anda dapat menempatkan tubuh anak pada lutut dalam posisi yang sedikit menonjol atau membawanya mendudukan anak pada perut Anda. Pastikan bahwa suhu uap tidak terlalu tinggi atau sekitar 37-38 derajat Celcius.

Bagaimana jika obat batuk alami ini tidak menurunkan gejala batuk pada anak ?

Jika Anda sudah memberikan obat batuk alami kepada anak-anak, namun setelah beberapa hari batuk tidak kunjung sembuh, Anda harus menghubungi dokter anak. tandanya sebagai berikut :

  • Batuk berlangsung selama lebih dari 10 hari.
  • Suhu diatas 38 ° C berlangsung lebih dari tiga hari.
  • Nyeri dada.
  • Sesak napas atau sesak napas.
  • Otot dada dan leher tampaknya berada dalam kondisi baik ketika bernapas.
  • Anak ini menarik telinga. Gejala-gejala ini mungkin tanda infeksi telinga.
  • Tidak nafsu makan dan.

Sementara itu, Anda harus segera membawa anak Anda ke fasilitas medis terdekat jika anak Anda memiliki salah satu gejala berikut:

  • Anak itu tampak sangat lamban dan menahan rasa sakit.
  • Bernapas cepat atau malah sangat sulit bernapas.
  • Anak itu menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, seperti urin gelap, haus berat, bibir pecah, kulit dingin atau kering, mata cekung, muka murung dan kurangnya air mata ketika menangis.
  • Bibir, kuku dan kulit anak-anak berwarna biru. Gejala ini mungkin disebabkan hipoksia

Dokter dapat memeriksa kondisi seorang anak kecil untuk mengetahui penyebabnya dan merencanakan perawatan yang tepat sesuai dengan situasi ini.

baca juga : Paella seafood, Masakan tradisional spanyol yang menyehatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *