Lima Kebiasaan untuk menjadikan kulit sehat secara alami tanpa skincare

kulit sehat secara alami

Kulit adalah organ terbesar tubuh. Ketika dalam keadaan sehat lapisan kulit bekerja keras untuk melindungi kita. Tetapi ketika kulit kita sedang dalam masalah, kemampuan kulit untuk bekerja sebagai pelindung pertama secara efektif  terganggu. Oleh karena itu kami menemukan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan pada kulit.

Kulit memiliki banyak fungsi untuk tubuh manusia. fungsi paling penting adalah menjadi garis pelindung pertama antara tubuh kita dengan  paparan lingkungan, seperti melindungi kita dari bakteri, virus, polusi dan zat-zat kimia yang kita hadapi di tempat kerja maupun di rumah.

Kulit juga perberan penting untuk mengatur suhu tubuh, mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, dan mengkontrol kelembaban. Hal itu merupakan  penghalang dari virus maupun bakteri dan juga berperan penting dalam penyetapan vitamin.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit manusia. Antara lain yaitu Genetika, penuaan, hormon, dan kondisi dari penyakit kronis seperti diabetes yang merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Ada juga Pengaruh eksternal seperti paparan dari sinar matahari secara berlebihan tanpa adanya pelindung pada kulit dan mencuci terlalu sering juga dapat berpengaruh kepada kesehatan kulit. Bahkan jika menggunakan  air yang terlalu panas juga dapat merusak lapisan terluar pada kulit. Ada juga faktor – faktor lain yang berpengaruh kepada kesehatan kulit, antara lain yaitu :

  1. Diet yang tidak sehat atau tidak layak.
  2. Tidur tidak berkualitas
  3. kurang berolahraga
  4. Tidak cukup mengkonsumsi air putih yang menyebabkan dehidrasi.
  5. Merokok dan mengkonsumsi Alkohol.
  6. dan obat khusus juga bisa berdampak pada kemampuan kulit dalam perannya sebagai pelindung yang efektif.

Berikut merupakan informasi yang mendukung untuk kulit menjadi lebih sehat, membantu aktivitas keseharian yang lebih baik dan  menjaga agar tidak terjadi penuaan dini pada  kulit kamu dan lembut kulit sehat sepanjang tahun.

7 Kebiasaan untuk untuk membuat kulit sehat secara alami

1. Makan makanan sehat.

Berikut adalah beberapa makanan yang telah diteliti dan diakui sebagai makanan penunjang   agar kulit bisa bertambah sehat dan segar.

1.1 Mangga

Mangga mengandung senyawa antioksidan. Senyawa ini membantu untuk melindungi komponen kulit agar tetap sehat, seperti kandungan kolagen.

1.2 Tomat

Memakan tomat setiap hari dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dengan cara memasukan dalam makanan yang Anda knsumsi bisa untuk membantu melindungi dari paparan sinar UV   Setelah 10 minggu

Salah satu sumber terpercaya di sebuah aritikel mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tomat sehari-hari mengurangi perkembangan tumor kanker kulit menjadi 50 persen lebih rendah.

Lycopene, merupakan pigmen yang  memberikan efek warna merah pada tomat dan kandungan tersebut juga memiliki peran penting dalam efek perlindungan terhadap kerusakan yang disebakan oleh sinar UV.

1.3 Olive oil .

Manfaat olive oil atau minyak jaitun yaitu sebagai bahan alami yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin. Minyak jaitun dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan akibat radiasi ultraviolet yang akan menyebabkan kanker.

Squalene dalam olive oil  memiliki kandungan  sangat tinggi dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Squalene merupakan kandungan yang memberikan efek tambahan yang lebih baik pada antioksidan.

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin antara lain yaitu A, D, E, dan K. yang larut akan dalam lemak. Beberapa vitamin terebut sangat bermanfaat bagi kulit. Misalnya vitamin E yang dapat  mengatasi berbagai kerusakan bada kulit.

1.4 Teh hijau

Teh hijau telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kulit. Senyawa yang yang terkandung dalam teh hijau yaitu polyphenols yang merupakan kandungan peremajaan sel-sel kulit yang memiliki kerusakan, dan juga terbukti bahwa teh hijau juga berguna untuk menyembuhkan luka. Teh hijau dapat memperlambat produksi sel kulit dan juga menekan peradangan.

1.5 Teh putih

Teh putih memiliki sifat anti-kanker dan anti-penuaan. Suatu penelitian membuktikan bahwa beberapa kandungan dalam teh putih dapat melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan sel pada kekebalan tubuh.

1.6 Kale

Kale adalah sayuran yang masih satu anggota dengan keluarga kubis dab merupakan salah satu sumber terbaik dari lutein. Lutein  sumber perlindungan terhadap kerusakan kulit yang disebabkan paparan matahari, terutama dari sinar UV.

1.7 Omega-3

Omega-3 ditemukan di ikan ikan terutama ikan laut, kenari, dan biji labu atau minyak seperti linseed dan minyak jagung dapat mencegah kekeringan dan skala kulit.

Selain konsumsi makanan sehat tersebut, atur juga bagaiamana kamu melindungi diri dari paparan sinar UV matahari. Jangan selalu mengandalkan makanan untuk melindungimu dari papran sinar matahari. Untuk melindungi diri dari efek paparan sinar matahari yaitu salah satunya dengan cara tidak terlalu lama terpapar dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang dengan mengenakan pakaian yang menutupi kulitmu dan topi yang melindungi kepala.

2. Diet pembatasan kalori

dengan mengurangi asupan kalori asupan kalori yang masuk hal tersebut dapat memperlambat proses penuaan pada sel-sel tubuh dan hal tersebut sudah terbukti dari berbagai sumber penelitian. Penemuan ini bisa menjadi salah satu informasi anti-penuaan untuk kebutuhan kehidupan yang lebih sehat

3. Mengurangi konsumsi Alkohol

Mengurangi asupan alkohol bisa mengurangi risiko timbulnya kanker kulit non-melanoma. Sumber penelitian terpercaya menemukan bahwa pemasukan alkohol yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi juga pada karsinoma sel basal dan sel kanker kulit. Peneliti menemukan bahwa pengkonsumsian alkohol setiap 10 gram per hari berisiko karsinoma sel basal naik 7 persen dan risiko sel kankernya menjadi 11 persen

4. Jaga stres tetap terkendali.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa tepat sebelum acara penting terlaksana, jerawat yang tak sedap ini tiba tiba muncul di wajah anda? para ilmuwan juga telah mengidentifikasi beberapa hubungan antara masalah kuli yang anda alami dengan tingkat stress yang anda alami.

Dalam studi mahasiswa, mereka yang mengalami tingkat stres tinggi cenderung mengalami masalah kulit seperti:

  • kulit gatal
  • rambut rontok
  • flaky, berminyak, atau kulit kepala berketombe
  • sering berkeringat.
  • Kulit kering bersisik
  • Kulit ruam kemerah merahan
  • Para peneliti juga menunjukkan bahwa beberapa remaja yang melaporkan tingkat stres yang tinggi memiliki resiko 23 persen lebih tinggi kulitnya memiliki permasalahan kulit berjerawat yang cukup parah.

Mengurangi tingkat stres Anda dapat  menyebabkan kulit anda lebih ssegar dan terhindar dari jerawat yang menggang penampilan. Jika Anda berpikir bahwa stres adalah memiliki dampak pada kulit Anda, cobalah teknik untuk pengurangan stres seperti olahraga tai chi, yoga, atau meditasi.

5. Menjaga kelembaban kulit

Pelembab biasanya mengandung humektan untuk memberikan efek kelembaban, kulit yang tertutup untuk mempertahankan kelembaban di kulit, dan emollients untuk menghaluskan ruang antara sel-sel kulit.

Akademi Dermatologi Amerika merekomendasikan beberapa tips berikut untuk menjaga kelembaban dalam dan mencegah kering, merah, dan kulit gatal antaralain yaitu:

  • Melembabkan kulit Anda segera setelah keluar dari kamar mandi untuk mempertahankan kelembaban kulit anda dengan cara menggunakan pelembab, salep, lotion, atau krim yang digunakan setelah pengerigan.
  • Mandi secara berlebihan bisa menghapus lapisan minyak atau lapisan pelembab dari kulit yang akan menyebakan kekeringan pada kulit.
  • Jangan menggunakan air yang panas pada saat mandi akan tetapi menggunakan air hangat.
  • Kurangi penggunaan sabun yang memiliki efek keras. Gunakan pembersih yang lembut dan harum.
  • Menjauhlah dari sikat abasif, spons mandi, dan handuk kasar yang bisa merusak permukaan kulit.
  • Gunakan salep atau krim bukan lotion untuk meminimalisir iritasi.
  • Jangan pernah menggaruk dengan kasar pada kulit. Kompres dingin atau menngunakan salep umtuk membantu mengendalikan gatal.
  • Kenakan pakaian nyaman. Ketika mengenakan pakaian terbuat dari wol atau bahan kasar lainnya, memakai sutra atau kapas di bawahnya.
  • menggunakan pelembab di musim dingin untuk membantu kelembaban kulit di lapisan terluar kulit.

Hubungi dokter kulit  jika terjadi efek samping yang lebih parah. Dokter spesialis akan memberikan perawatan yang yang lebih tepat  untuk keluhan kulit yang dialalmi oleh anda.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kesehatan kulit Anda dan  merokok juga dapat menyebabkan keriput dari membentuk kulit tidak segar. Merokok dapat mengurangi elastisitas alami kulit dengan cara meruntuhan kolagen dan mengurangi produksi kolagen. Colagen dan elastin merupakan penambah  kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Selain itu, ekspresi terus meneus yang dilakukan  ketika merokok, seperti mendengkur bibir dan pipi dapat berpengaruh terhadap wajah anda.

Jika Anda saat ini merokok, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan kulit Anda adalah berhenti. Anda dapat mengunjungi Smokefree.gov, inisiatif dari Institut Kanker Nasional (NCI), untuk informasi tentang berhenti merokok.

7. Tidurlah yang nyenyak

Mendapatkan tidur yang berkualitas akan membuang lingkaran gelap di sekitar matamu dan meningkatkan kesegaran warna pada kulitmu, dan yang terpenting tidur itu merupakan hal yang gratis.

Mendapatkan jam tidur yang sesuai bisa sangat berdampak pada kulit anda. The National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa tidur selama antara 7 sampai dengan  9 jam setiap hari. Tidur selama itu bisa meningkatkan kesehatan pada tubuh dan kulitmu.

Susah tidur   disebabkan oleh obesitas, kekurangan imun, diabetes, dan kanker. tapi penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur mungkin juga memiliki pengaruh yang signifikan pada fungsi kulit dan penuaan.

Orang-orang yang kekurangan tidur memiliki tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Selama  anda dalam kondisi tidur , tubuhmu memasuki mode perbaikan dan memperbarui kulit, otot, darah, oragan organ dan sel otak. Tanpa tidur yang cukup dan memadai. tubuhmu tidak dapat menghasilkan kolagen baru. Colagen berfungsi untuk mencegah kulit Anda dari kendur atau penegrutan.

Cobalah untuk tidur di awal  malam dan bisa tidur selama 7 jam penuh untuk medapatkan yang terbaik.

Menjaga kulit Anda agar tetap sehat dan muda tidak selalu berarti mengeluarkan uang yang banyak dengan membeli krim mahal dan lotion, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana tadi, Anda dapat membuat mendapatkan hasil yang baik pada  kulit dan kuliat anda bibsa segar dan bersinar kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *